Cara Pertamina Tingkatkan Produksi Blok Mahakam

Cara Pertamina Tingkatkan Produksi Blok Mahakam



Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina mengirimkan Smooth Fluid (SF)-05 yang akan digunakan di Blok Mahakam, Kalimantan. Untuk membantu proses pengeboran di Blok Mahakam sehingga produksi menjadi lebih maksimal, setelah sukses mengirimkan fluida pengeboran SF-05 untuk digunakan di Algeria.

Direktur Pemasaran Korporat Pertamina Basuki Trikora Putra mengatakan,‎ pengiriman perdana SF-05 ke Blok Mahakam dilakukan pada Rabu (23/10) Sebanyak 700 Kilo liter (Kl). Penggunaan SF-05 ini merupakan sinergi bisnis antara Direktorat Pemasaran Korporat, Refainary Unit V Balikpapan dan Pertamina Hulu Mahakam (PHM) sebagai pengelola Blok Mahakam.

"Penggunaan SF-05 telah mendapat persetujuan SKK Migas baik secara teknis maupun komersial,” kata Basuki, di Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Penggunaan produk SF-05 juga didukung penuh oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), pada kesempatan yang sama Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai Analisis Biaya SKK Migas Widi Santuso mengungkapkan, SKK Migas dan KKKS mendukung program pemerintah dalam penggunaan produk dalam negeri, dalam hal ini adalah produk dari Pertamina.

Penggunaan produk dalam negeri diharapkan dapat mendukung kegiatan optimasi produksi di kegiatan hulu migas, sekaligus menciptakan penghematan biaya operasi dengan tetap melaksanakan kegiatan operasi, sesuai dengan kaidah keteknikan yang baik serta aman.

“Peningkatan penggunan produk dalam negeri menciptakan multiplier effect bagi perekonomian nasional dan juga daerah operasi kegiatan usaha hulu migas. Hasil uji coba produk SF ini diharapkan menunjukkan kinerja yang baik sehingga dapat menjadi pengganti bagi produk sejenis dari luar negeri yang masih digunakan saat ini,"‎ paparnya.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS


Source link