Ini Capaian Kementerian Perdagangan di Era Jokowi-JK

Ini Capaian Kementerian Perdagangan di Era Jokowi-JK



Kedua, keseimbangan neraca perdagangan. Neraca perdagangan nonmigas dari Januari hingga September 2019 tercatat surplus USD 4,4 miliar. Kinerja ekspor Indonesia meningkat dari USD 150, 3 juta pada tahun 2015 menjadi USD 180 juta pada tahun 2018.

Kemudian, Kemendag juga menandatangani belasan perundingan perdagangan internasional. Tercatat ada 15 perjanjian perdagangan bebas ditandatangani baik di tingkat bilateral maupun regional.

"Kemendag telah melakukan pengamanan perdagangan, misi dagang, percepatan pelayanan digital dan menggelar Trade Expo Indonesia (TEI) untuk menggenjot ekspor," sebut akun resmi Kemendag tersebut.

TEI sendiri terus tumbuh sejak digelar 2016 lalu. Tahun 2018, transaksi di TEI meningkat 5 kali lipat menjadi USD 8,48 miliar dari USD 1,48 miliar. Adapun selama Januari hingga Oktober 2019, pemerintah juga berhasil mengamankan nilai ekspor perdagangan Indonesia sebesar USD 1,7 miliar di 6 negara.

"Selain itu, Kemendag juga melakukan memiliki FTA Center dan kantor perwakilan perdagangan di luar negeri yang dapat menfasilitasi pelaku usaha untuk memperoleh informasi tentang perjanjian perdagangan, peluang pasar, dan membantu pertemuan bisnis guna menggenjot ekspor Indonesia," tulisnya.


Source link