Luhut Binsar Pandjaitan Bertahan Urusi Kemaritiman Ditambah Investasi

Luhut Binsar Pandjaitan Bertahan Urusi Kemaritiman Ditambah Investasi



Liputan6.com, Jakarta Luhut Binsar Pandjaitan kembali dipercaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi bagian kabinetnya periode 2019-2024. Posisinya juga masih sama, memimpin Kementerian Koordinator Kemaritiman serta mengurusi investasi.

Luhut datang pada Selasa (22/10/2019) sore, berpakaian kemeja putih dan celana hitam. "Jadi saya akan koordinasi semua di jabatan Menko Maritim ditambah investasi dan beberapa lain di bawahnya," ujar dia di Istana Presiden.

Dia mengaku dihubungi pada selasa pagi. Pertemuan dengan Presiden Jokowi berlangsung sekitar 20 menit.

Hal yang dibahas antara lain tentang keinginan presiden mengurangi impor migas, yang nilainya mencapai Rp 300 triliun. Pengurangan impor antara lain dengan menggenjot program B 20 dan B30.

Kemudian meningkatkan hilirisasi produk. Ini sejalan dengan keinginan mengurangi ekspor bahan mentah, agar tak merusak lingkungan.

"Hilirisasi dilakukan untuk masuk pada suplai chain dan global suplai chain sehingga ekspor bertumbuh ke raw material," ungkap dia.

Selanjutnya, hal ini memberi nilai tambah pajak, lapangan kerja dan industri. "Selama ini kurang memberi perhatian apda pengolahan bahan baku," jelas dia.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

 

 


Source link