Serah Terima Jabatan, Wishnutama Dapat Wejangan dari Arief Yahya

Serah Terima Jabatan, Wishnutama Dapat Wejangan dari Arief Yahya



Liputan6.com, Jakarta - Usai dilantik Presiden Jokowi, Wishnutama melakukan upacara serah terima jabatan (sertijab) dari menteri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) dari menteri sebelumnya yaitu Arief Yahya. Dalam kesempatan tersebut Arief menyampaikan beberapa pesan kepada Wishnutama.

Kepada Wishnutama, Arief menyebutkan industri pariwisata harus dapat menjadi core atau DNA dari perekonomian Indonesia. Pendapatan devisa dari sektor ini harus tetap menjadi yang terbesar.

"Menurut saya pariwsata dan ekonomi kreatif akan menjadi penghasil terbesar (devisa). Karena itu tugas dari Presiden, industri pariwisata yang paling mudah dan murah untuk mendapatkan devisa," kata dia, di Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Jakarta, Rabu (23/10).

Yang selanjutnya adalah pengembangan destinasi-destinasi wisata harus semakin dikembangkan. Terutama dengana adanya beberapa prioritas destinasi wisata yang saat ini telah dicanangkan seperti Danau Toba, Borobudur, Mandalika dan Kupang NTT.

Dari sisi industri, Arief berharap ranking Indonesia di kancah internasional bisa terus meningkat hingga menyalip Malaysia dan Thailand.

Selanjutnya adalah Sumber Daya Manusia (SDM) harus terus ditingkatkan kualitas dan standarnya hingga setara level inetrnasional.

"SDM jangan mundur yang 3 saya tetapkan. Kurikulum harus level dunia, semua lulusan harus disertifkasi minimal level Asia," ujarnya.

Terakhir adalah, pembangunan masyarakat. Dia berpesan saat membangun destinasi wisata maka yang terlebih dulu harus dibangun adalah masyarakat di skeitarnya.

"Utamakan masyarakatnya dulu, bangun masyarakatnya lebih dulu dibandingkan membangun resort," ujarnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS


Source link