Studi: Meski Tak Kaya, Orang Indonesia Pantang Berutang

Studi: Meski Tak Kaya, Orang Indonesia Pantang Berutang



Agustus lalu, laporan Wealth-X mengungkap bahwa universitas yang paling banyak mencetak orang kaya adalah Universitas Harvard di Amerika Serikat (AS). Alumni kaya pada daftar ini disebut individual Ultra High Net Worth (UNHW) yang memiliki harta di atas USD 30 juta atau Rp 424 miliar (asumsi kurs saat itu USD 1 = Rp 14.188)

Total ada 13.650 alumni Harvard yang memiliki harta di atas USD 30 juta. Jumlah itu mengalahkan seluruh universitas di dunia.

Universitas Harvard berlokasi di Cambridge, Massachusetts, dan bagian dari Ivy League alias daftar delapan universitas swasta elit di timur laut AS. Tercatat pula ada tujuh presiden AS yang lulus dari Harvard, termasuk Barack Obama, George W. Bush, dan John F. Kennedy.

Namun, laporan Wealth-X tidak menghitung mereka yang tak menyelesaikan kuliah atau mendapat gelar kehormatan. Artinya, miliarder Mark Zuckerberg dan Bill Gates tak dihitung daftar ini karena tak tamat studi di Harvard.

Menurut perhitungan Wealth-X, 79 persen kekayaan alumni Harvard adalah hasil usaha sendiri alias self-made, 4 persen hasil warisan, dan 12 persen gabungan warisan dan usaha.

Jumlah alumni kaya raya dari Universitas Harvard jauh di atas unirvesitas ivy league lain, seperti Universitas Yale (2.400 orang), Universitas Cornell (2.245), dan Universitas Colombia (3.925).

Lebih lanjut, Institut Teknologi Massachusetts yang terkenal dengan jurusan tekniknya memiliki 2.785 alumni kaya raya, sementara Universitas Stanford di California berada di peringkat dua dengan 5.580 alumni kaya raya.

Bagaimana dengan di luar AS? Universitas Cambridge tampil di peringat tujuh dengan 2.760 alumni kaya raya. Pada peringkat ke 13 barulah muncul Universitas Oxford dengan 2.290 alumni.

 


Source link